Selasa, 17 November 2009

TIP SEHAT DI MUSIM PENGHUJAN


Menjalani aktivitas di musim penghujan seringkali membuat kita mudah terserang penyakit. Ditambah lagi dengan padatnya aktivitas yang terkadang membuat pola hidup kita jadi tidak teratur. Akibatnya, daya tahan tubuh pun menurun. Hmm.. gimana bisa tampil prima di kampus kalau kondisi tubuh sedang tidak fit? So, biar waktu anda tidak banyak terbuang karena serangan penyakit di musim hujan, tentunya anda harus melakukan langkah pintar untuk menjaga kesehatan diri!


JAGA MAKANAN

Mengkomsumsi makanan yang bergizi adalah salah satu cara untuk mempertahankan kondisi tubuh supaya tetap fit. Makanan 4 sehat 5 sempurna tentunya jauh lebih baik daripada menyantap mie instan atau fast food yang kurang menyehatkan. Bila perlu lengkapilah dengan asupan vitamin atau suplemen makanan.

MINUMAN KESEHATAN
Minuman dingin tentunya bukan sahabat baik di musim hujan. Apalagi, kalau serangan penyakit pancaroba seperti flu dan batuk mulai menganggu. Demi kesehatan diri, sebaikanya ubahlah kebiasaan anda mengkonsumsi minuman dingin dengan produk minuman kesehatan, seperti bubuk jahe merah yang banyak beredar di pasaran. Selain bisa menghangatkan dan menambah stamina tubuh, jahe merah juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya rematik, demam dan batuk berlendir. Supaya rasanya lebih enak, anda bisa mencampur bubuk jahe merah ini dalam minuman favoritanda seperti teh atau kopi hangat. Imbangi pula dengan mengkonsumsi air putih sebanyak delapan gelas per hari.

OLAHRAGA DAN PAKAIAN HANGAT
Selain perlindungan dari dalam, anda juga harus membentengi tubuh dari luar dengan cara berolahraga dan menggunakan pakaian yang tepat di musim hujan. Sebelum pergi kuliah, anda bisa melakukan olahraga ringan seperti stretching, push up atau sit up dengan porsi hitungan semampu anda. Ketika beraktivitas di luar rumah, sebaiknya kenakanlah pakaian hangat seperti jaket, sweater dll. Ssst.. payung andalan pastinya juga tidak boleh ketinggalan dong!

PERIKSA KE DOKTER
Musim hujan juga identik dengan penyakit diare dan masuk angin. Kalo perut anda mulai terasa gak enak, sediakan selalu minyak kayu putih or balsam saat beraktivitas. But, jika sakit tetap berlanjut segeralah periksakan diri ke dokter. Semakin cepat diobati tentunya semakin baik, kan?.

Selamat mencoba tips sehat ala taktiku. :D



0 komentar: